Kamis, 05 September 2013

SWOT Analysis

Terdapat 3 fase dalam menentukan strategy marketing, yaitu :
1.       Market segmentation
Market segmentation adalah proses membagi pasar dari yang sangat luas menjadi lebih kecil atau lebih spesifik lagi. Segmentasi pasar dapat dibagi menurut aspek demografis yaitu seperti umur, gender, etnis dan social class.
2.       Target Market and Marketing Mix Selection
Dari market segmentation yang ada, kita dapat menentukan target market kita, kemudian membuat marketing mix. Marketing mix yang biasa dikenal orang adalah 4P (product, price, place, promotion). Namun seiring perkembangan zaman, sekarang ada 8P dalam marketing mix. 8P tersebut adalah product, prie, place, promotion, people, process, physical environment, dan productivity (quality standard)
3.       Product/Brand Positioning
Setelah melakukan pemilihan marketing mix untuk product kita, kita dapat menentukan posisi bisnis kita diantara pesaing lainnya melalui product dan brand positioning.

Setelah 3 fase diatas dlakukan, kita dapat kemudian melakukan SWOT Analysis, Matriks IFAS dan EFAS dan kemudian akan terlihat strategy apa yang harus kita terapkan pada bisnis yang kita jalankan.
Matriks IFAS merupakan Strength dan Weakness dari perusahaan kita dan EFAS merupakan Opportunity dan Threat dari perusahaan kita. Setelah membuat kedua analisis ini, jumlah IFAS dikurangi dengan jumlah EFAS. Hasil dari keduanya akan memnentukan strategy yang dapat kita terapkan. Berikut contoh kasus perusahaan XYZ.


SWOT Matrix XYZ
Total IFAS – Total EFAS = 3.5 – 1.5 = 2 (positif)


Maka, strategy yang tepat untuk diterapkan pada SKY CITY Bar & Lounge adalah SO Strategy/Expansion Strategy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar