Pandangan customer terhadap produk
kita biasanya sudah ada dahulu sebelum mereka datang untuk membeli produk kita.
Contohnya saja jika ada satu resto yang
sudah terkenal dengan makanan dan service-nya yang baik, maka pada saat kesana
customer sudah pasti mengharapkan dapat makanan dan service yang baik pula. Dengan
ekspektasi yang sudah terbentuk dari sebelum customer membeli produk, maka
kita juga harus dapat memberikan yang terbaik kepada customer bahkan lebih dari
yang mereka ekspektasikan.
Namun terkadang berbeda, antara ekspektasi customer dengan kenyataan yang ada sehingga adanya gap
satisfaction yang terkadang membuat customer tidak lagi mau memakai atau
membeli produk kita. Salah satu cara memuaskan customer adalah dengan cara CRM
Strategy.
Customer Relationship Managemet
(CRM) Strategy adalah strategi dalam suatu proses bisnis yang mempunyai tujuan
untuk pembangunan dan pemeliharaan hubungan antara perusahaan dengan customer. Salah satu dari CRM strategy adalah
memperhatikan service quality. Berikut elemen-elemen dari service quality.
1.
Reliability
-
Memberikan service seperti yang telah dijanjikan
-
Memberikan service yang tepat dari awal
-
Memberikan service sesuai dengan waktu yang
telah dijanjikan
-
Mempersiapkan hal-hal yang tak terduga
2.
Responsiveness
-
Setiap karyawan harus memiliki rasa untuk
membantu setiap customer
-
Selalu siap merespon dan peduli pada setiap
permintaan customer
3.
Assurance
-
Memberikan rasa nyaman kepada setiap customer
-
Memberikan customer rasa aman di tiap transakasi
yang mereka lakukan
-
Karyawan memiliki pengetahuan mengenai produk
dan perusahaan sehingga jika ada customer yang bertanya, karyawan tersebut
dapat menjawabnya
4.
Emphaty
-
Karyawan harus memberikan perhatian kepada
setiap customer
-
Karyawan harus pintar ‘mengambil hati’ customer
5.
Tangibles
-
Perusahaan menggunakan alat-alat yang modern
-
Karyawan menggunakan seragam yang rapi atau
sesuai konsep
-
Secara visual ruangan harus terlihat menarik
CRM Strategy juga dapat dilakukan
dengan cara menyimpan database customer kita. Data-data tersebut dapat nantinya
berguna untuk mengidentifikasi prospek bisnis ke depaannya, untuk dapat
mengetahui customer mana yang harus diberi perhatian khusus agar jumlah
kunjungan dan pembeliannya meningkat, untuk mengetahui daya beli customer, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar