Kamis, 31 Oktober 2013

Service Leadership

        Pada masa kini service dalam suatu bisnis sangatlah penting terlebih lagi pada bisnis bidang hospitality. Semua orang dewasa ini ingin dilayani dengan baik. Orang rela membayar lebih untuk mendapatkan service yang lebih pula. Ada beberapa usaha yang sudah sangat memperhatikan kualitas service yang diberikan kepada customer, namun beberapa juga masih kurang memperhatikan kualitas servicenya.
Ada 4 tingkatan dalam service yaitu :
1.       Service Loosers
Service loosers merupakan service yang tidak memuaskan atau bisa dibilang dibawah rata-rata. Biasanya teknologi yang dipakai juga masih minim sekali, hal ini juga merupakan salah satu factor yang membuat kinerja menjadi lambat dan tidak dapat menghasilkan service yang baik.
2.       Service Nonentities
Service yang diberikan masih kurang maksimal. Cara marketingnya juga masih kurang strategis.
3.       Service Profesionals
Service yang diberikan pada tahap ini sudah cukup baik. Operation Manager dan Marketing Manager dapat bekerjasama dengan baik. Perusahaan yang dapat memberikan service pada tahapan ini juga biasanya sudah melakukan research terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh customer mereka.
4.       Service Leadership
Pada tahap ini, perusahaan sudah dapat memberikan service yang prima, “outstanding service”, prosesnya lebih terorganisir dan juga karyawan sudah memiliki komitmen yang sama yaitu menciptakan value perusahaan dan goal yang sudah ditentukan.

Untuk dapat mencapai service leadership kita dapat memperkuat 3 divisi penting dalam hal ini, yaitu Marketing Manager, Human Resources Manager dan Operational Manager. Setiap divisi ini harus mengerti dengan jelas akan tugasnya dan menjalankan tugasnya masing-masing. Marketing Manager dapat melakukan pendekatan dengan customer sehingga perusahaan mengetahui apa yang diinginkan customer, misalkan customer tidak ingin jalan jauh dari parkiran ke area resto. Setelah itu Operation Manager dapat menciptakan keiinginan customer tersebut contohnya disediakan free valet service agar customer tidak jalan jauh dari tempat parkiran. Agar pelayanan semakin optimal, maka HRM bertugas untuk merekrut dan mengadakan training kepada setiap karyawan, misalkan valet staf resto harus hospitable dan mengerti keinginan customer dengan menyapa customer dengan ramah dan memastikan kendaraan diparkir dengan benar dan aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar