Kamis, 24 Oktober 2013

Marketing Communication

      Marketing communcation merupakan suatu kegiatan marketing yang bertujuan menginformasikan produk (informing), membujuk orang untuk membeli (persuading), dan juga untuk mengingatkan kembali kepada orang akan produk tersebut (reminding).
      Marketing communication jika dilaksanakan akan membantu anda untuk melakukan 3 hal dari tujuan marketing communication yang telah disebutkan diatas yang nantinya akan berujung pada peningkatan demand dan profit tentunya.
      Untuk itu kita harus terlebih dahulu mengenal elemen-elemen Marketing Communicatin Mix, yang diantaranya :
1. Advertising
Yaitu me-marketingkan produk kita melalui iklan. Advertising terbagi atas dua, yaitu 'above the line' (TV, radio, media cetak) dan 'below the line' (baliho, pameran, poster)
2. Public Relations
Merupakan media promosi yang dapat kita lakukan dengan berhubungan dengan orang luar secara langsung seperti kegiatan press release, corporate communication, advising, lobbying, dsb.
3. Sales Promotion
Merupakan suatu kegiatan promosi dengan waktu yang singkat untuk menaikkan jumlah pembelian misalkan seperti rush hour, price deals pada hari tertentu, kupon yang memakai jangka waktu penukaran, dsb.
4. Personal Selling
Personal selling dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu business to business (B2B), consumer to consumer (C2C), dan business to consumer (B2C).
5. Direct Marketing
Merupakan kegiatan marketing yang dapat langsung tertuju kepada customer secara personal, contohnya direct email, telepon, katalog yang dikirimkan langsung ke rumah customer,dll.

     Dari 5 elemen diatas, tidak semuanya harus diterapkan pada bisnis kita. Kita dapat memilih yang mana yang terbaik dan paling cocok untuk diterapkan dalam memarketingkan bisnis kita dan juga yang sesuai dengan target market yang kita sasarkan. Contohnya seperti Barby's yang melakukan sales promotion dimana setiap diatas jam 8 toko roti ini memberikan diskon 50%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar