Kamis, 10 Oktober 2013

Service Blueprint

        Service Blueprint merupakan suatu rangkaian service yang dijelaskan dan digambarkan sercara rinci. Jika dilihat sekilas, service blueprint akan mirip dengan SOP (Standard Operating Procedure). Lalu apa perbedaanya?
      Service blueprint merupakan semua kegiatan service yang berkaitan dengan customer, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sedangakan SOP merupakan segala kegiatan operasional yang terjadi pada suatu bisnis.

Dalam service blueprint ada 4 komponen, diantaranya :
1. Customer Action (Line of Interaction)
Pada bagian ini kita dapat menjelaskan proses apa saja yang dilakukan customer yang berhubungan dengan service yang tersedia pada bisnis kita. Saya sekaligus mengambil contoh service blueprint dari SKY CITY Resto, Bar & Lounge. Pada bagian ini, dapat dituliskan seperti : Reservasi – customer tiba di SKY CITY – tamu diantar ke lantai 50 – reservation check – tamu diantar ke meja – order – makan, dst.

2. Visible Contact Employee Actions (Line of Visibility)
Pada bagian ini kita dapat menjelaskan mengenai apa yang dilakukan beberapa pegawai yang melakukan kontak langsung atau pegawai yang service-nya dapat dirasakan langsung oleh customer. Kolom ini berada di bawah customer action. Contoh SKY CITY Resto, Bar & Lounge : receptionist mencatat data tamu dan tanggal reservasi – valet staff memberikan jasanya kepada tamu – elevator boy mengatar tamu ke lantai 50 SKY CITY Resto, Bar & Lounge – receptionist meminjam KTP tamu, memeriksa data tamu dan data reservasi, dst.

3. Invisible Contact Employee Actions (Line of Internal Interaction)
Bagian ini menjelaskan kegiatan service yang diberikan pegawai kita tetapi tidak dapat langsung dirasakan oleh customer dan juga mereka tidak dapat bertemu langsung dengan customer. Contohnya SKY CITY Resto, Bar & Lounge : valet staf memarkirkan mobil di tempat parkir - waiters/butlers memberikan buku menu dan mencatat pesananan tamu, dst..

4. Support Process
Sesuai dengan namanya, maka bagian ini merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan utuk me-support kegiatan utama. Sudah pasti semua orang yang berada di line support tidak bertemu langsung dengan customer. Contoh SKY CITY Resto, Bar & Lounge : security menjaga mobil customer - teknisi memeriksa operasional elevator - receptionist menyimpan database customer, dst.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar