Kamis, 07 November 2013

Marketing Plan

Marketing Plan
Perusahaan yang sukses dalam pemasaran selalu dimulai dengan marketing plan. Marketing plan bisa menjadi salah satu bagian dari businsess plan. Marketing plan biasanya dibuat untuk satu tahun dengan merincikan tahap-tahap/langkah-lagkah marketing apa saja yang harus dilakukan dan berapa besar biaya yang akan dikeluarkan dalam satu tahun tersebut. Pada postingan kali ini saya akan membahas komponen-komponen yang ada dalam marketing plan. Berikut komponen-komponen penyusun marketing plan beserta penjelasannya :
1.       STP (Segmentation, Targeting, Positioning)
  •  Segementation yaitu segment pasar mana yang menjadi tujuan utama bisnis ini.
  • Targeting yaitu target pasar mana saja yang juga dapat menjadi customer diluar customer segment.
  • Positioning yaitu penjelasan persaingan pasar atau juga posisi bisnis kita dengan para pesaing.
2.       Brand dan tagline bisnis
Brand dan tagline yang akan kita pakai untuk bisnis kita. Ada beberapa macam brand yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya, dapat dilihat pada link berikut Brand Hierarchy
3.       Marketing mix (8P)
Penjelasan mengenai marketing mix juga dapat dilihat pada postingan saya sebelumnya, pada link ini Strategic Service Marketing
4.       Marketing Communication
Macam-macam marketing communication juga sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya Marketing Communication. Marcom yang ada dapat kita pilih sesuai dengan segmen pasar yang kita tuju. Kita juga dapat membuat satu tema besar untuk menentukan event-event apa saja yang akan dilakukan satu tahun ke depan agar tingkat kunjungan dan penjualan meningkat.
5.       Marketing Communication Budget
Setelah kita menentukan Marcom untuk satu tahun ke depan, maka kita juga perlu memperkirakan berapa besar biaya yang akan keluar untuk marketing tersebut.


Gambar diatas merupakan contoh marketing budget. Q1 menjelaskan pengeluaran pada 3 bulan pertama, Q2 menjelaskan pengeluaran pada 3 bulan ke dua, dst. Setiap pengeluaran marketing harus dibedakan dan pada kolom terakhir harus ada total pengeluaran untuk jenis kegiatan marketing tersebut. Pada kolom akhir juga harus ada total keseluruhan pengeluaran. Selanjutnya kita dapat membuat diagram pie dari marcom budget.
6.       Demand analysis dan sales forecast
Menganalisa permintaan dan sales forecast dalam satu tahun ke depan. Pada demand analysis kita dapat menggambarkan perkiraan masa high season dan low season dan juga perkiraan customer yang akan datang atau apa yang harus kita lakukan untuk meningkatkan penjualan pada low season ataupun mengontrol agar pengunjung tidak over/melebihi dari kapasitas produksi pada saat high season.



Setelah itu kita dapat membuat sales forecast yaitu perkiraan biaya-biaya apa saja yang akan keluar dalam bentuk chart seperti contoh dibawah ini

7.       Service Blueprint
Penjelasan dan contoh service blueprint dapat dilihat pada postingan sebelumnya Service Blueprint
8.       Marketing organization dan Service Credo
Marketing organization menjelasan mengenai marketing organization pada perusahaan. Service credo merupakan kalimat-kalimat yang menjelaskan suatu goal yang ingin dicapai. Contohnya pada SKY CITY Resto, Bar & Lounge adalah membuat semua customer merasakan moment of truth.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar